Rabu, 01 Mei 2013

RESENSI GAME DOTA


Pada saat sekarang ini dunia game sudah menjamur baik dikalangan anak-anak kecil hingga orang dewasa tidak pernah jauh dari bermain game. Game sudah bukan sesuatu yang menjadi hobi seseorang tapi sudah menjadi mata pencaharian oleh para gamer tersebut. Apalagi pada zaman yang serba canggih sekarang ini dan dunia game juga semakin berkembang pesat dengan berbagai macam jenis permainan yang disediakan. Contohnya saja game “Poker” yang ada pada situs jejaring Facebook. Game itu tidak hanya sekedar hobi bagi para Facebooker, tapi sudah menjadi mata pencaharian bagi orang yang memainkan game tersebut. Bagaimana tidak, harga 1 Billion chip poker tersebut sekarang mencapai Rp 8.000.000, seandainya anda punya sampai 10 Billion chip maka anda dapat menjual dengan harga Rp 80.000.000. itulah salah satu contoh game yang bukan hanya sekedar hobi tapi juga sebagai penghasilan.
Pada resensi game ini saya akan membahas mengenai game “Dota”. Dota itu sendiri adalah singkatan dari “Defense of the ancients” . Dimana game ini merupakan sebuah game RPG (Role-playing game) yang pemainnya menjalankan suatu peran dari sebuah karakter.
Game Dota sangat popular dikalangan remaja bahkan game ini sampai diturnamentkan dalam sebuah tournament game terbesar di dunia, misalnya blizzard’s blizzCon convention pada tahun 2005, world cyber games 2005, 2006 di malaysia & singapore, dan world cyber games asian championships 2006. di filipina dan beberapa Negara. Bahkan Dota telah mengambil alih popularitas counter-strike sebagai permainan yang paling sering dimainkan.
Tujuan utama permainan ini untuk menghancurkan markas musuh bersama-sama dengan tim dan anak buah petarung yang dikontrol oleh komputer. Pemain dapat menggunakan tokoh kuat yang disebut pahlawan (hero), dan dibantu oleh pahlawan sekutu dan anak buah petarung (creep) yang dikontrol oleh AI. Seperti dalam permainan role playing games, pemain dapat meningkatkan level tokoh pahlawan mereka dan menggunakan koin emas buat beli barang selama permainan.
Game Dota ini merupakan sebuah peta atau map custom dimana terdapat dua sudut berlawanan dari peta atau map tersebut. Di masing- masing markas atau base terdapat satu bangunan sentral yang dikenal sebagai Ancient. Inti dari permainan adalah menghancurkan Ancient tim lawan dan mempertahankan Ancient sendiri. Ancient yang dipakai untuk masing- masing tim biasanya The Frozen Throne/World Tree (dalam variasi- variasi Classic, Allstars); dan Town Center normal untuk masing- masing tim (dalam variasi Outland). Tiga jalur/lanes menghubungkan kedua markas/base. Sebuah sungai berjalan diagonal di tengah peta/map, tegak lurus/ memiliki ke tiga jalur/ lanes, masing- masing tim punya sejumlah menara/ tower pertahanan di masing- masing jalur/ lanes, yang diletakkan di sisi sungai bagian mereka.
Sistem Permainannya :
Game Dota ini akan mempertemukan 2 kubu atau suku yang saling bermusuhan (g akan menjadi teman) yaitu Sentinel dan Scourge. Kedua kubu ini akan saling mengahncurkan hingga salah satu dari mereka kalah maka game ini akan selesai. Dimana Sentinel lebih kental dengan unsure Elf pada ancientnya sedangkan Scourge ancientnya undead. Dalam permainan Dota kita diwajibkan memilih satu karakter HERO (dimana ada mode yang membuat kt bs own pick atau random hero).
Setiap Hero tersebut mempunya skill masing-masing dan kemampuan yang berbeda2 pula. Hero akan muncul pertama sekali di fountain, disini hero bisa memulihkan HP dan MP secara cepat. . Dalam pertempuran kita juga dibekali oleh tentara-tentara kacangan yang dalam hal ini kita sebut sebagai creep.
Hero bisa berkembang secara luar biasa. Tiap-tiap hero punya job-job khusus dan spesifikasi tertentu. Secara umum perkembangan hero ditentukan oleh level dan item. Semakin tinggi level dan semakin bagus item hero, maka hero akan menjadi semakin kuat dan kemungkinan menangnya akan semakin besar. Khusus untuk item, saya tidak akan membahas satu-satu itemnya. Item bisa dibeli di shop, tempatnya shop ada disekitar fountain, tinggal klik kiri di bangunan-banguan sekitar fountain, dan ada 4 black market ,tempat rahasia di tengah-tengah hutan dan di pinggir2 map sebelah kiri dan kanan.
Item terbagi 2 juga yaitu item resep dan item biasa. Item biasa adalah item yang langsung bisa kita beli di shop, sedangkan item resep adalah item baru yang merupakan kombinasi dari item-item yang kita beli langsung. Adapun resep dan bahannya bisa dilihat di shop di dekat fountain. Item resep terbagi dalam 5 kelas. Level 1-4 dan level yang tidak terdefinisi dengan jelas (unclasified). semakin tinggi levelnya, semakin dahsyat damagenya dan semakin mahal itemnya.
Begitulah sedikit banyak saya bercerita tentang Dota. Nah kalau saya sendiri yang gemar main game ini saya biasanya sering menggunakan hero “Tidehunter” dan “Vangeful Spirit”. Heronya seperti di bawah ini :
“Tidenuter”

Ini merupakan hero bertipe Strngth dimana dia mengandalkan kekuatan ototnya. Saya suka sekali hero ini karena mempunyai skill stun area. Skill ini dapat menghentikan serangan lawan dalam beberapa detik.
“Vangeful Spirit”

Nah kalau yang satu ini adalah hero bertipe Agility dimana dia mengandalkan otak dan ototnya dalam bertarung. Skillnya juga ada yang bias stun dan bisa menswap lawan.
Kalau penasaran dengan game ini, lebih baik anda mencoba sendiri saja, anda akan merasakan bagaimana tegangnya dalam bermain game ini.
Ups ada yang lupa, lama dari permainan game ini minimal 30 menit bahkan ada juga yang memainkan game ini sampai 1 jam.
Thks for all….:D
sumber : http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/12/sejarah-game-dota/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar